Yuk Belajar Sejarah dari Tempat Wisata di Belanda

Belajar Sejarah dari Tempat Wisata di Belanda. Benua Eropa adalah surganya sejarah, penemuan dan ilmuan terkenal seluruh dunia. Setiap negara juga memiliki cerita sejarahnya sendiri, seperti Belanda. Negeri yang pernah menjajah negara Indonesia ini memiliki nilai history dibalik lokasi wisata klasiknya.

Selain menyaksikan festival bunga tulip serta besarnya kincir angin. Tanpa disadari juga menyimpan segala budaya sampai sejarah negara kita tercinta. Terdapat banyak koleksi, mulai dari sejarah, karya seni, karya ilmiah dan perjuangan anak bangsa yang menuntut ilmu di negeri orang. Perhatikan juga artikel menarik terkait jasa penulis artikel ini ya.

Tempat Wisata di Belanda Mengenai Indonesia

 

tempat wisata di Belanda

Patung Hussein Jayadiningrat

Universitas Leiden memiliki sebuah patung untuk mengenang seorang doktor pertama dari Indonesia. Hussein Jayadiningrat merupakan alumni universitas tersebut dari Fakultas Humaniora, sangat disegani oleh para cendekiawan. Beliau meraih prestasi dalam bidang penulisan karya ilmiah.

Untuk mengenang prestasinya, universitas tersebut membuatkan patung yang berada pada aula kampus. Sepatutnya bangga dengan pencapaian anak bangsa karena menempuh pendidikan di salah satu tempat terbaik untuk menimba ilmu. Apalagi sampai mendapatkan gelar doktoral.

Rumah Ahmad Soebardjo

Bergeser sedikit, wisatawan akan menemui kediaman menteri luar negeri pertama yaitu Ahmad Soebarjdo. Terletak pada Jalan Noordeinde No. 32, sebuah basecamp perhimpunan mahasiswa Negeri Kincir Angin. Tidak jarang jika rumah tersebut kerap kali digunakan sebagai tempat berdiskusi demi kepentingan kemerdekaan Tanah Air. Tidak hanya itu saja, para mahasiwa juga bisa bermain musik.

Budaya Indonesia di Volkenkunde

Volkenkunde merupakan sebauh museum yang khusus menyimpan koleksi mengenai kebudayaan. Terdapat banyak arca seperti keris, menurut sejarah pernah digunakan oleh Cut Nyak Dien. Keberagaman suku dalam bentuk boneka hingga tekstil koleksi dari First Liefkes ketika berkunjung ke Indonesia.

Karya Sastra Puisi Tembok Kernstraat Salah Satu Tempat Wisata di Belanda

Terdapat puisi karya Chairil Anwar dengan judul “Aku di Kernstraat”, puisi Bahasa Jawa karya Ranggwarsita pada dinding Haverstraat dan puisi Bahasa Bugis dengan lokasi Reuvensplaats. Untuk puisi Chairil Anwar terletak pada tembok Kernstraat 17 a.

Bangunan KITLV

Leiden mempunyai sebuah gedung disebut dengan Koninklijk Instutiit Voor Taal En Volkenkunde atau Lembaga Studi Asia Tenggara dan Karibia Kerajaan Belanda. Hampir buku dalam gedung ini memuat mengenai Indonesia. Mulai dari sejarah, Bahasa Jawa dan Sunda serta sastra. Ternyata masih menyimpan surat Kartini lengkap dengan lukisannya.

Makam Mahasiswa Buronan NAZI

Irawan Soejono adalah mahasiswa Leiden yang tewas karena masuk bagian dari perjuangan Belanda mengusir NAZI. Meskipun begitu beliau adalah salah satu dari ribuan orang yang dicari tentara pimpinan Adolf Hitler tersebut.

Manfaat Mempelajari Sejarah Negeri Sendiri di Negara Lain

Khususnya untuk wisatawan Indonesia, berkunjung ke lokasi wisata tersebut merupakan pengalaman tidak terlupakan.

Belajar Sejarah dari Negara Lain

Dikenal oleh negara lain termasuk Belanda sampai mendapat sanjungan dari masyarakat sana. Penjelasan tersebut sebagai bukti jika negeri ini kaya dengan budaya dan cedekiawan Eropa.

Budaya Indonesia di Kalangan Orang Belanda

Dengan adanya gedung yang menyediakan budaya Indonesia seperti karya seni dan sejarah akan berdampak positif. Lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara untuk lebih mengenal budaya dan wisata Bumi Pertiwi.

Beberapa tempat wisata di Belanda yang sudah dijelaskan dapat memberikan wawasan bahwa negara Eropa sangat menghargai Indonesia. Cocok sekali menyinggahinya jika menjadi mahasiswa kemudian tengah rindu akan suasana negeri tercinta.